Kenapa harus takut untuk bertanya ???


Ketika bertanya bukan berarti kita tidak tau atau bodoh, mungkin malah sebaliknya. Karena ...Semakin banyak seseorang belajar, semakin dia tahu bahwa dia tidak tahu apa-apa.

Manusia adalah makhluk pembelajar. Hakekatnya manusia belajar tanpa mengenal batas waktu dan juga tempat. Dalam proses pembelajaran tersebut, terkadang kita perlu informasi yang lebih mendalam dan terperinci. Disaat saat inilah kita perlu melakukan aktivitas yang disebut bertanya.

menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya adalah meminta keterangan (penjelasan dsb); meminta supaya diberi tahu (tt sesuatu)

Masalahnya, bertanya terkadang tidak mudah untuk sebagian orang. Beberapa orang takut dianggap bodoh bila terlalu bertanya, sebagian lain takut jika pertanyaannya dianggap “bodoh” oleh orang lain, ada juga yang merasa malu jika bertanya. Banyak faktor, baik internal maupun external, yang akhirnay membuat orang enggan unruk bertanya.

There are no dumb question, only dump answers
~Marshall Loeb


Orang bertanya pada dasarnya karna ketidaktahuan kita dalam satu hal dan rasa keingintahuna kita terhadap masalah tersebut. Berikut tips agar bisa bertanya dengan efektif

Kuasai Materi
Penguasaan materi sangat mempengaruhi kualitas pertanyaan. Penguasaan materi yang berlimpah mengakibatkan rasa ingin tahu lebih kuat daripada rasa takut dalam bertanya. Selain itu penguasaan materi juga bisa mengakibatkan naiknya kepercayaan diri.

Catat Pertanyaan
Yup. Setelah kita menguasai materi, tulis pertanyaan yang ingin kita sampaikan diatas kertas. Lalu coba jawab pertanyaan itu sendiri. Banyak pertanyaan yang sebenarnya diri kita sendiri sudah tahu jawabnya.

Tenang
Sebagian besar orang tidak jelas mengucapkan kata, karena saat grogi mereka tidak tenang dan cenderung cepat seakan dikejar sesuatu. Padahal sebenarnya cukup santai saja dengan cara : Atur nafas dengan baik, tariklah nafas perlahan saat anda hendak mengucapkan kalimat dan jangan pernah mengucapkan kata saat anda hendak menarik nafas

Beri sedikit Pembuka
Saat kita bertanya dalam suatu forum, maka lebih baik berikan sebuah pembukaan . Pembukaan yang dimaksud adalah memberikan gambaran secara general atau contoh-contoh yang terkait dengan pertanyaan yang akan disampaikan.

Percaya Diri
Tips lainya yaitu percaya diri, orang yang tidak Pd tidak akan mudah untuk mengtasi Groginya karena mereka terlalu sibuk memikirkan penampilan, jika anda ingin menghilangkan grogi anda. Hilangkanlah rasa tidak percaya diri di diri anda ,anda tidak perlu memikirkan penampilan saat berbicara, misalkan wajah yang kurang sempurna.Tapi anda harus pikirkan pembicaraan anda karena saat anda berbicara di depan umum bukan tampilan yang mereka lihat tapi kalimat yang anda ucapkan.

Hindari kata-kata yang ambigu
Pemilihan kata sangatlah penting karena ini adalah salah satu faktor ketersampaian pertanyaan. Ketika kata-kata ambigu digunakan, bisa jadi apa yang kita tanyakan berbeda dengan apa yang orang lain tangkap.

Dengarkan orang lain bertanya
Terkadang orang mengulangi pertanyaan yang diucapkan temanya. Hal ini juga terkadang membuat orang malas untuk menjawab. Inilah pentingnya mendengarkan ketika orang berbicara, sekaligus sebagai penghargaan terhadap orang lain.

Semoga berguna dan menjadikan pertanyaan-pertanyaan yang ada efektif…

Komentar

Postingan Populer